TENTANG KAMI

Sejarah Perusahaan


Berawal dari sebuah perkebunan sawit berskala kecil, telah melalui naik turunnya proses bisnis, hingga saat ini telah berkembang menjadi sebuah perusahaan multi nasional. Saat ini Prana Agro menjadi salah satu perusahaan penghasil minyak kelapa sawit di Indonesia. Semua proses itu pastinya tidak mudah untuk dilalui, tapi Prana Agro telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita yakin bisa mencapai tujuan.

Mengapa Prana Agro memilih kelapa sawit sebagai komoditi utama untuk bidang usahanya?
Kelapa sawit telah menjadi komoditi yang memberikan kontribusi besar bagi Indonesia. Pada saat ini, Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia. Minyak kelapa sawit dari Indonesia terkenal di dunia karena memiliki kualitas yang terbaik karena tumbuhan kelapa sawit dihasilkan dari lahan-lahan perkebunan yang subur di Indonesia dan diolah menggunakan standar baku internasional. Sehingga minyak kelapa sawit dari Indonesia banyak diminati oleh masyarakat di dunia dan dapat menguasai pasar dunia.


- Teknis Penanaman


Dengan menggunakan bibit sawit dari varietas terbaik, Prana Agro mampu menghasilkan tandan buah segar dengan kualitas terbaik. Melalui pelaksanaan Manajemen Perkebunan dan Teknis Agronomi secara konsisten dan profesional, Prana Agro dapat memproduksi Tandan Buah Segar lebih awal pada umumnya.

Untuk mencapai hasil tersebut, Prana Agro melakukan pemeliharaan dan perawatan tanaman yang intensif terhadap tanaman kelapa sawit, mulai dari kategori 'Tanaman Belum Menghasilkan', sampai dengan 'Tanaman Menghasilkan. Kegiatan yang dilakukan antara lain melalui: gulma, pemupukan, pemeliharaan tanaman penutup tanah, perhatian ekstra terhadap tanaman dan sebagainya.

Ketika kelapa sawit masuk ke dalam kategori menentukan, menentukan 'Manajemen Panen' yang baik menjadi kunci untuk mendapatkan dan menghasilkan kuantitas serta kualitas CPO yang baik. Didukung juga oleh tenaga panen yang handal dan terampil serta sarana transportasi dan infrastruktur yang memadai serta terpelihara dengan baik, merupakan syarat utama yang memenuhi target produksi.


Pabrik:


Prana Agro memiliki beberapa unit pabrik pengolahan kelapa sawit dan juga pabrik pengolah inti kelapa sawit yang mampu menghasilkan produktivitas sesuai dengan kapasitasnya dan meninggalkan sisa yang terbuang hingga Zero Waste. Dengan teknologi pengelolaan limbah kelapa sawit yang tepat guna Prana Agro mampu memanfaatkan limbah kelapa sawit untuk dijadikan bahan Pengganti Pupuk yang bersifat organik.

Pengolahan limbah baik juga merupakan bentuk kepedulian Best Prana Agro terhadap terwujudnya minyak sawit lestari. Aplikasi Limbah Padat (seperti janjang kosong) dan SOLID yang dulu sebagai limbah yang tak berguna kini dapat digunakan dengan baik oleh Best Agro International yang digunakan sebagai PUPUK KALIUM ORGANIK yang menambah jumlah janjang per pokok.

Hasil komoditi dari pengolahan pabrik kelapa sawit berupa CPO dan PKO yang dikirim dari Stasiun Bulking milik Prana Agro ke beberapa pabrik pengolahan minyak goreng sawit untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri, dan diekspor ke berbagai Negara.


Sertifikasi yang dimiliki:


1. Sertifikasi ISPO

Sistem Minyak Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO) adalah suatu kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia, dengan cara mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. Prana Agro telah mendapatkan sertifikasi ISPO sebagai komitmen perusahaan terhadap industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

2. Sertifikasi K3

Prana Agro juga telah mendapatkan sertifikasi untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap keselamatan kerja di lingkungan kerja, mulai dari perkebunan sampai di area pabrik.

Langkah mekanisasi yang dilakukan oleh Perusahaan:

Sebagai upaya Perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil perkebunan kelapa sawit, Prana Agro telah melakukan langkah inovasi sebagai berikut:

1. Mekanisasi Pemupukan

Pemupukan mekanik pada perkebunan kelapa sawit di Prana Agro menggunakan Traktor Roda Ban (TRB) dan Fertilizer Spreader. Mekanisasi pemupukan terbukti dapat menjamin waktu dan biaya operasional perusahaan.

2. Peningkatan Efektifitas Pengangkutan Buah

Buah sawit yang telah dipanen dibiarkan jatuh dan dikumpulkan di Lorong-lorong sawit. Kemudian buah sawit tersebut diambil oleh traktor DUMP, kemudian ditumpahkan ke dalam bak di pinggir jalan para pengambil buah dan di bawa ke Pabrik Mekanisasi. Kegiatan ini dapat mempercepat proses panen sawit.

3. Tata Kelola Air

Prana Agro membangun Kanal manajemen air yang baik untuk mengantisipasi kekeringan ataupun luapan pasang air, dan berfungsi sebagai penampung air hujan.

Profil Perusahaan


Prana Agro sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Indonesia, telah memulai kontribusinya di bidang usaha perkebunan kelapa sawit sejak 1995. Sampai saat ini, Prana Agro telah memiliki lebih dari 45.000 karyawan yang terkenal di seluruh wilayah usaha Perusahaan. Bagi Prana Agro, karyawan adalah aset perusahaan dan sudah menjadi bagian dari keluarga besar perusahaan yang diharapkan dapat maju dan sejahtera bersama Prana Agro.

Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia, bisnis yang dijalankan oleh Prana Agro dimulai dari perkebunan sampai ke pengolahan kelapa sawit di pabrik dengan menggunakan standar pengolahan baku.

Dalam menyikapi isu kelestarian lingkungan hidup yang menjadi sorotan dalam industri kelapa sawit di mata dunia internasional, Prana Agro menerapkan kebijakan-kebijakan perusahaan serta praktek-praktek terbaik yang mendukung prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup untuk mencapai pengelolaan minyak sawit yang berkelanjutan. Sebagai dukungan perusahaan kelestarian lingkungan hidup adalah dengan melakukan kegiatan memanfaatkan lahan berpasir untuk penghijauan. Melalui gerakan tersebut, saat ini lahan berpasir telah menjadi lahan yang subur kembali.


Perkebunan:


     - Pembukaan Lahan


Proses dari pembukaan lahan dilakukan secara mekanis dan tidak menggunakan api sama sekali. Hal ini merupakan kebijakan perusahaan yang mendasar dan fokus utama untuk lingkungan hidup. Masalah kabut pada tahun 2015 menyebabkan gangguan kesehatan dan ekonomi pada lingkungan perkebunan kami. Agar hal tersebut tidak terulang kembali, kita secara konstan mendidik karyawan dan penduduk lokal untuk melakukan kebijakan Zero burning dan mengingatkan untuk waspada terhadap wabah api. Semua aktifitas sistem pemerintah ilegal dilaporkan ke pihak berwajib.

Perusahaan kami sudah siap siap tim untuk keadaan darurat (lebih dari 3.000 sukarelawan pemadam kebakaran) yang terlatih dalam memadamkan kebakaran. Kami telah membangun menara pengawas untuk menunggu secepatnya. Kami membangun beberapa pompa berkapasitas tinggi untuk menimba air dari sungai terdekat sesuai dengan penempatan mesin pemadam kebakaran dan tangki penyimpanan air di perkebunan. Kami mempunyai sistem jalan yang efisien untuk memastikan kebakaran kami dan alat-alatnya dapat diakses ke area kebakaran dengan cepat.

Api menyebar dengan mudah dan cepat jadi kita harus memastikan mereka juga melakukan kebijakan pembakaran nol . Kita bekerja sama dengan mereka untuk melaporkan segala sesuatu yang sistemik dan melakukan koordinasi latihan pemadaman kebakaran.


    - Area Terlindungi (Area Konservasi)


Perusahaan kami berbasis agro, karena itu alam dan lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Kami melakukan pembukaan lahan hanya di areal yang sudah ditinggal lama oleh pemilik lahan sebelumnya. Jika terdapat kawasan hutan di dalam kawasan perkebunan kami, maka kami akan menghindari pembangunan di kawasan tersebut dan menjadikan kawasan tersebut menjadi program perlindungan Kawasan Konservasi. Kami menganggap hutan merupakan hal yang berharga dan memerlukan perlindungan.

Selain itu, perusahaan kami memiliki bukti bahwa hutan merupakan rumah untuk satwa liar oleh karena itu keselamatan dan kelestarian mereka menjadi prioritas utama kami. Area ini senantiasa diawasi oleh Management dan Drone (pesawat tanpa awak) perusahaan dan kami akan menghukum berat jika terdapat aktifitas ilegal di area tersebut. Di beberapa daerah, kami menanam sendiri tanaman dan pepohonan untuk menambah penghijauan. Ada kalanya kami menanam tanaman obat-obatan dan buah agar karyawan (tenaga kerja) kami dapat menghargai pentingnya kawasan konservasi ini.

Penduduk lokal di sekitar kawasan perkebunan. Kami ajakan dan mendidik mereka akan pentingnya melindungi alam dan keberlanjutan lingkungan. Kami juga mendorong mereka untuk melaporkan jika mereka menjumpai adanya aktifitas ilegal di daerah hutan. Dan kami mengingatkan akan bahayanya api dan mengingatkan mereka untuk selalu waspada.

Sebagai dampak positif dari proses pembukaan lahan, Prana Agro berkomitmen untuk membuka akses jalan-jalan baru untuk menghubungkan wilayah-wilayah di kawasan pedalaman yang terisolir. Dan tentunya pembukaan lahan yang dilakukan oleh Prana Agro ini juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Sebelumnya akses transportasi ke lokasi tujuan hanya dapat dicapai melalui transportasi udara, tetapi dengan pembukaan areal perkebunan kelapa sawit oleh Prana Agro, sekarang transportasi darat juga dapat digunakan disana.

Visi dan Misi Perusahaan

 

Visi dan Misi Perusahaan :

Dalam menjalankan manajemen organisasi di Perusahaan, Prana Agro telah menentukan Visi dan Misi Perusahaan sebagai konsep dan fondasi dasar dalam menjalankan usaha, yaitu:

 

Visi perusahaan adalah "sehat, sekolah dan sejahtera bersama".

 

Untuk memenuhi visi Perusahaan "untuk berkembang dan sejahtera bersama", kami menyediakan lingkungan kerja yang menjamin kesejahteraan tenaga kerja kami. Ada diskriminasi noseksual atau kerja paksa di perkebunan kami. Kami sepenuhnya menentang pekerja anak yang secara etis dan moral salah. Pekerja anak menghancurkan potensi produktivitas masa depan kita.

 

Kami membangun sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah dasar dan sekolah menengah di setiap wilayah perkebunan sehingga mudah diakses oleh masyarakat di sekitar kita. Sekolah-sekolah dilengkapi dengan komputer dan buku. Guru-guru kami berkualitas dan terlatih. Kami mendidik tenaga kerja kami tentang pentingnya mengirim anak-anak mereka ke sekolah kami untuk pendidikan mereka untuk mengamankan masa depan mereka sendiri dan bahwa tidak ada alasan untuk membawa anak-anak mereka ke tempat kerja mereka. Sebagai insentif tambahan, kami juga menyediakan beasiswa untuk siswa yang layak.

   

Misi perusahaan adalah "menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia".

 

Untuk mendukung tercapainya visi dan misi Perusahaan, Perusahaan memiliki tiga nilai-nilai utama yang diterapkan dalam bekerja, yaitu sebagai berikut:

1. Sehat

Semua keluarga besar Prana Agro (karyawan dan keluarga karyawan) harus dalam kondisi sehat. Karena dengan kondisi fisik dan jiwa yang sehat, akan terlahir karya-karya luar biasa nilainya.

 

Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan yaitu perusahaan telah menyediakan fasilitas POLIKLINIK PERKEBUNAN dengan layanan kesehatan bagi para karyawan dan keluarganya. Tersedia juga agenda rutin kesehatan seperti:

 

- Imunisasi untuk bayi

- Donor darah

- Khitanan massal

- Kegiatan-kegiatan olah raga untuk karyawan disertai sarana pendukungnya.

2. Sekolah atau pendidikan

Prana Agro sangat peduli terhadap kualitas pendidikan untuk seluruh anak-anak karyawan karena hal ini akan memberikan dampak positif juga untuk perkembangan perusahaan di masa yang akan datang.

 

Menyadari pentingnya pendidikan bagi keluarga karyawan, Prana Agro berkomitmen memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik berupa fasilitas pendidikan sampai dengan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Perusahaan juga telah menyiapkan fasilitas penunjang untuk pendidikan berupa: laboratorium di bidang Komputer, Bahasa, dan juga Sains.

 

3. Sejahtera

Prana Agro percaya apabila karyawan dan keluarganya sejahtera, maka kinerja dan produktivitas karyawan juga akan meningkat. Hal inilah yang mendasari langkah Prana Agro untuk menyediakan fasilitas umum yang layak dan tepat untuk karyawan dan keluarganya. Sehingga karyawan merasa diperhatikan dan kebutuhan mereka dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini diwujudkan melalui: fasilitas perumahan untuk karyawan dan keluarganya, dilengkapi dengan tempat ibadah, pasar, listrik, air, dan lain-lain.

Budaya Kerja di Perusahaan

 

Prana Agro memiliki Budaya kerja yang diterapkan di dalam Perusahaan, yaitu :

 

Kerja jujur

Prana Agro mengajarkan ke semua karyawan agar memiliki kejujuran dalam bekerja. Dengan berperilaku jujur, diharapkan produktivitas karyawan dapat semakin meningkat dan kejujuran menjadi pondasi dasar di dalam bekerja. Sehingga rasa kepercayaan antara Perusahaan dan Karyawan dapat tercipta dengan baik.

 

Kerja keras

Karyawan Prana Agro harus bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dalam pekerjaan, yaitu dengan bekerja keras untuk mendapatkan pencapaian hasil yang terbaik.

 

Kerja cerdas

Karyawan Prana Agro harus bekerja dengan cerdas agar dapat menghadapi persaingan global yang semakin ketat, juga agar visi and misi perusahaan dapat segera tercapai.

 

Kerja tuntas

Karyawan Prana Agro diwajibkan untuk mengerjakan pekerjaannya sampai selesai sehingga tidak ada pekerjaan yang masih tertunda. Karena menunda pekerjaan artinya sama dengan menunda kesuksesan.

 

Kerja ikhlas

Karyawan Prana Agro menjalankan pekerjaan secara ikhlas dan loyalitas yang tinggi kepada perusahaan. Karena mereka menyadari bahwa keberhasilan yang dicapai oleh perusahaan adalah juga kesejahteraan untuk semua keluarga karyawan.

 

Berdoa

Karyawan Prana Agro selalu berdoa kepada Tuhan agar segala kerja keras yang sudah dilakukan mendapat kemudahan, perlindungan dan berkah yang baik dari Tuhan.

Kumpulan_0179
Company Performance